ETHICAL SCENARIO

hallo semuanyaaaaa!
kali ini kita bikin ethical scenario ya!
jadi misalnya aku ada dalam suatu tim yang mengusulkan pembuatan mobil terbang untuk mengatasi masalah kemacetan.

Option/canon
Menyetujui usulan tersebut
Menentang usulan terkait biaya yang dibutuhkan
Mempublikasikan ide tersebut ke media sosial
mengutamakan keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat
Ya
Hal ini dapat mengurangi tingkat kemacetan
Mungkin
Apabila ditemukan hal-hal yang membahayakan
Mungkin
Saya tidak tau apakah akan membahayakan
bekerja sesuai dengan kompetensinya
Ya
Untuk mengembangkan potensi saya
Mungkin
Apabila terdapat ketidaksesuaian kompetensi
Tidak
Media sosial bukan kompetensi saya
hanya menyatakan pendapat yang dapat dipertanggungjawabkan
Ya
Saya
Tidak
Saya tidak menguasai bidang ini
Tidak
Hal ini masih berupa usulan
menghindari pertentangan kepentingan dalam tanggung jawab tugasnya,
Mungkin
Perlu ditinjau ulang agar usulan terbebas dari kepentingan suatu pihak

Ya
Memastikan usul ini merupakan murni kepentingan masyarakat
Tidak
Membawa masalah ke dalam media sosial bukan hal yang baik
membangun reputasi profesi berdasarkan kemampuan masing-masing,
Ya
Menunjukan profesi keahlian Indonesia
Tidak
Tidak ada salahnya mencoba mengembangkan keahlian
Ya
Membangun reputasi engineer Indonesia
memegang teguh kehormatan dan martabat profesi dan mengembangkan kemampuan profesional. 
Ya
Dapat mengembangkan kemampuan professional para engineer
Mungkin
Ditakutkan terjadi kesalahan pembangunan akibat kurang profesionalitas
Tidak
Menghindari turunnya martabat engineer
total
Ya:5
Tidak:0
Mungkin:1
Ya:1
Tidak:2
Mungkin:3
Ya:1
Tidak:4
Mungkin:1

Komentar

Postingan Populer