ini baru HOT..




apakan anda pernah makan gorengan atau semacamnya? pasti ada cabai rawit kan? nah, gimana rasanya? pasti pedas.. ternyata, rasa pedas tidak hanya dimiliki oleh cabai imut nan lucu ini. tapi juga ada beberapa "penghasil" sensasi rasa pedas di dunia. mau tahu? ini diaa..


1.     JALAPEÑO
jalapeño, adalah sejenis buah cabai berukuran sedang. cabai asli Mexico ini mampu memberikan sensasi rasa panas dan terbakar saat kita memakannya.jalapeño yang panjangnya bisa mencapai 5-9 cm ini bisa dipetik dan dijual saat masih berwarna hijau, atau saat sudah benar-benar matang berwarna merah.
Tanaman setinggi 1 meter ini paling banyak dibudidayakan di kota Xalapa, Veracruz (Mexico) dengan area seluas 160 Km2. Nama kota Xalapa atau yang sering disebut dengan Jalapa inilah yang menjadi asal nama Jalapeño tersebut.








          2.      WASABI
Wasabi adalah tanaman asli Jepang dari suku kubis-kubisan (Brassicaceae). Parutan rimpang (rizoma) yang juga disebut wasabi, dimakan sebagai penyedap masakan Jepang, seperti sashimi, sushi, soba, dan ochazuke. Daun, tangkai, dan rizoma memiliki aroma harum, sekaligus rasa tajam menyengat hingga ke hidung seperti mustar, tapi bukan pedas di lidah seperti cabai.
Unsur kimia yang menjadikan wasabi memiliki rasa menyengat (pedas) adalah isotiosianat. Senyawa ini bersifat antimikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga irisan ikan segar selalu dimakan bersama wasabi.







          3.      ANAHEIM PEPPER
Nama Anaheim sebenarnya adalah nama sebuah daerah. Nama itu diberikan karena ada seorang petani bernama Emilio Ortega yang membawa benih cabe ini ke daerah Anaheim pada awal tahun 1900. Sebutan lainnya adalah California Chile atau Magdalena. Varietas cabe ini yang tumbuh di New Mexico memiliki tingkat kepedasan yang lebih tinggi, yaitu sekitar 4500 sampai 5000 Scoville units.




4.      BHUT JOLOKIA
tingkat kepedasan yang dihasilkan cabe asli India itu mencapai 1000 kali lipat dibandingkan cabe yang biasa Anda temukan di dapur. Bayangkan jika sampai terpercik ke mata, dan rupanya hal inilah yang mengispirasi para ilmuwan di India untuk menciptakan granat berisi serbuk Bhut Jolokia.
      Pada Uji tingkat Kepedasan menggunakan skala Scoville Heat Unit(SHU) ternyata cabe     BHUT JOLOKIA mencapai tingkat kepedasan 1 juta SHU yang berarti hampir dua kali lebih  pedas dari cabe pemegang rekor sebelumnya RED SAWINA yang SHU-nya hanya   577.000.Penemuan ini diumumkan oleh American Society For Horticultural Science.



sumber : gadis magazine, wikipedia, pakarbisnisonlinehttp://pringsewuresto.co.id



Komentar

Postingan Populer